Kabupaten Bandung Pusat Kopi Spesialti Nasional

0
102

SOREANG, (AMIFANEWS.COM).-
Peneliti Pasca Panen dan Pengolahan Kopi dari Puslitkoka sekaligus Ahli Uji Cita Rasa Kopi Ir. Yusianto menuturkan, Bandung sebagai produsen kopi spesialti dengan rasa yang khas dan sangat bagus. “Sudah selayaknya, Bandung menjadi pusat kopi spesialti secara nasional,” kata Yusianto melalui testimoninya yang ditayangkan melalui video pada youtube yang diunggah Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Kamis (8/10/2020).

Menurutnya, karena memiliki rasa yang khas sehingga kopi asal Bandung sudah beberapa kali menjadi juara Indonesia. “Ini pantas menjadi pusat kopi spesialti Indonesia. Selamat buat Bandung, dan teruskan ini mempertahankan dan menyebarkan juga agar kopi-kopi spesialti Indonesia mutunya sejajar dengan Bandung. Selamat kopi Bandung,” katanya.

Sementara itu, Peneliti Pemuliaan Tanaman Kopi Puslitkoka Ucu Sumirat, S.P., M.Sc., mengatakan, Bandung sebagai salah satu daerah pusat pengembangan kopi arabika tertua di Indonesia. Ia menilai, di Bandung ternyata menyimpan potensi genetik kopi arabika yang luar biasa. Mungkin selama ini tak pernah diketahui oleh dunia.

“Kami berharap dengan kegiatan eksplorasi yang sudah dilaksanakan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung akan menghasilkan varietas-varietas yang lebih bermanfaat bagi kopi arabika di Kabupaten Bandung khususnya dan umumnya di Indonesia, atau bahkan di dunia,” tuturnya.

Berdasarkan data yang diterima wartawan, Kamis (8/10/2020), Kabupaten Bandung dinyatakan sebagai pusat kopi spesialti nasional itu, setelah pada pelaksanaan Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) ke-12 tahun 2020, kopi asal Bandung menjadi kopi terbaik di Indonesia. Yaitu melalui pengumuman #KKSI2020 terkait dengan kualitas atau mutu kopi arabika natural/dry proces yang dihasilkan sejumlah petani kopi.

Pada pengumuman itu diketahui, Isner M. Manalu asal Dolok Sanggul Sumatera Utara, Sutisna asal Cempaka Mulya Bandung, Zushar Nugraha asal Kota Bandung, Sisola Specialty Coffee asal Bojo Lawu, dan Nita Puspita (Kopi Gondopoera) Bandung. Mereka adalah di antara lima besar pada kategori kopi arabika natural.

Sementara itu melalui pengumuman #KKSI2020, yakni kategori arabika fullwash/semiwash, tercatat Wiwin Suryani (Kel Tani Rokam Bangkit) Batulanteh Sumbawa NTB, Edward Christian asal Tarogong Kidul Garut, Karniti asal Prigen Pasuruan, Sudarman asal Kamojang Bandung, dan Anjar Fauji asal Kertasari Bandung yang masuk lima besar pada #KKSI2020 tersebut. Pihak penyelenggara #KKSI2020 mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta KKSI 2020. Dan selamat kepada 5 besar masing-masing kategori. Salam kopi Indonesia. (Saiful Rahman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here