Atin Nurhayati : Ada Perdanya, Pemasangan Portal Tidak Bisa Sembarangan

0
460

Cijawura (AMIFA NEWS)-Portal, ya, palang penutup jalan tersebut menjadi pemandangan yang banyak ditemukan dimasa pandemi covid 19 saat ini.

Tak sedikit jalan yang biasa dilalui, dimana sebelumnya tidak ada penghalang, telah terpasang portal. Apakah itu jalan di suatu lingkungan perumahan bahkan jalan dan gang di perkampungan.

Praktisi hukum kota Bandung Atin Nurhayati menjelaskan pemasangan portal tidak bisa dilakukan sembarangan lantaran ada aturanya. “Seperti di Jakarta dan di Bandung pemasangan portal terdapat Perda tentang ketertiban yang mengaturnya,” ujar istri dari H Wahyu Rohmat Suharyana, dikantornya jalan Cijawura Girang 3/2 Bandung, Selasa (29/9/2020).

Di Jakarta, ada Perda Provinsi DKI Jakarta No. 8 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum yang mengatur
pemasangan portal harus seijin Gubernur atau pejabat yang ditunjuk.

Selanjutnya di Kota Bandung pemasangan portal diatur di Pasal 37 huruf n Perda Kota Bandung Nomor 3 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan.

Maraknya pemasangan portal dimasa pandemi sebut perempuan yang akrab disapa Atin, menjadi cerminan kesadaran hukum masyarakat dan tak jarang dampakya malah merepotkan masyarakat.

“Ada banyak pemasangan portal baru di masa pamdeni. Tapi tetap aturannya harus diperhatikan. Kalau sembarangan malah bisa menyulitkan ruang gerak masyarakat . Orang harus memutar mencari jalan ini mengganggu yang mau lewat maupun penghuni,” bebernyaperempuan yang hobi makan pempek ini.

Disebutkan Atin agar tidak merepotkan masyarakat, pemerintah daerah hatus turun tangan memberi kepastian waktu tutup buka portal. “Disini pemimpin daerah harus punya perhatian. Buat jadwal misal untuk perkampungan kota dan kabupaten Bandung portal dibuka jam sekian tutup jam sekian. Jadi masyarakat tahu,” tutur ibu dari Irni Puzi Wijayanti , Tasya Kahfia Absariena dan Zulfan Hadiyathul Igmal.

Lebih jauh menurut Atin tidak jarang ditemukan portal yang dipasang permanen atau sulit dibuka dan tanpa penjagaan yang bisa mengganggu kenyamanan masyarakat. “Prinsipnya jelas pakai aturan pemasangan portal agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat,” pungkasnya (fff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here